Kesaksian Tentang Diri Rasulullah SAW

Ad-Darimi dan Al-Baihaqi meriwayatkan dari jabir bin Samrah. ia berkata,
" Aku pernah melihat Nabi suatu malam idhiyan (malam terang benderang, rembulan bersinar dan tak ada awan gelap ). Aku memandang beliau dan memandang bulan secara bergantian. Sungguh beliau lebih indah daripada rembulan dalam pandanganku "

Tirmidzi dan Al-Baihaqi meriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata :
"Aku tak melihat sesuatu yang lebih bagus dari Rasulullah. Seakan-akan sang mentari merambah diwajahnya. Aku tak melihat seseorang yang lebih cepat jalannya dari beliau, seakan-akan bumi terlintas olehnya. Sungguh kami kepayahan, sedang beliau tetap kelihatan tenang "

Hindun binti Abu Halah menguraikan sifat Rasulullah dengan panjang lebar .
" Badan Rasulullah besar perkasa, wajhnya berkilau laksana pijar rembulan di malam purnama, besar ukuran kepalanya, rambutnya berombak. Warna kulitnya putih berseri, lebar dahinya, lebat alisnya serta panjang, tapi pangkal keduanya tidak sampai bertemu. Diantara keduanya ada jarak berupa lekukan-lekukan yang seakan-akan mengusir kesan marah. mancung hidungnya, seakan-akan di sana ada sinarnya. Jenggotnya lebat dan matanya hitam. Kulit pipinya halus, mulutnya lebar. Giginya putih mengkilat dan agak renggang. Rambutnya lembut. Leher jenjang dengan postur tubuh kekar dan gempal. Perut dan dada rata. dadanya bidang, begitu pula bahunya. Lengannya panjang. telapak tangan dan kakinya lebar serta tebal. jari-jarinya panjang. lekukan telapak kakinya sedang. Jalannya cepat sekali, seakan-akan melintasi jalan menurun. Apabila menoleh, semua anggota badannya ikut bergerak. Ia lebih banyak memandang ke tanah daripada memandang ke langit....